5 Manfaat Membuat Ringkasan Materi Belajar

 

Langkah Membuat Rangkuman materi

Agar menemukan ringkasan yang baik, ada sejumlah langkah untuk menciptakan ringkasan, yakni:

Membaca teks pribumi terlebih dahulu. Pembacaan naskah pribumi dapat dilaksanakan berulang-ulang guna mendapatkan inti dari teks atau bacaan tersebut.
Mencatat inti atau usulan utama pada masing-masing paragraf
Menyusun, atau menciptakan karangan singkat menurut usulan utama
Menuliskan dengan kalimat tunggal
Menyusun ringkasan menjadi sebuah frasa tertentu supaya mudah guna diingat
Tidak memasukkan kata penjelasan dan kata sifat pada ringkasan
Susunan usulan pada ringkasan cocok dengan urutan pada naskah asli
Mengubah teks dialog mejadi kalimat tak langsung
Memperhatikan panjang ringkasan supaya tidak terlampau panjang
Sisipkan sejumlah gambar untuk mempermudah dalam menginat
Gunakan mind maps supaya urutan pelajaran dapat dikenang dengan baik

Manfaat Membuat Ringkasan
Alasan dibuatnya karangan yakni sebab adanya guna terntu dari dibuatnya ringkasan tersebut. Beberapa guna membuat ringkasan diantaranya:
1. Memudahkan Membaca Isi Pokok Suatu Bacaan
Materi yang dituliskan di dalam ringkasan hanyalah pokok bacaan yang terdapat pada naskah asli. Dengan ringkasan yang dibuat, maka bakal dengan mudah diperoleh untuk mengetahui isi pokok bacaan dan arti yang terdapat di dalam bacaan atau teks tersebut. Dengan ringkasan, tidak terdapat kalimat yang tidak terlalu urgen untuk dikenang masuk di dalamnya, sampai-sampai yang ada dalam ringkasan hanyalah pokok pembahasannya saja. Pembuat ringkasan bakal mudah mengetahui pokok pelajaran dan bisa mengembangkan sendiri pelajaran yang sudah tercatat di ringkasan.
artikel bersangkutan*: khasiat daging tokek
2. Memudahkan Mengingat Materi
Dengan menciptakan ringkasan, maka bakal terlihat jelas pelajaran pokok yang terdapat pada sebuah teks. Materi yang ditulis dalam ringkasan pun tidak sejumlah dengan pelajaran yang tertulis pada teks asli. Minimnya kata dan kalimat pada ringkasan bakal semakin mempermudah memingat materi sebab materi yang panjang telah dalam format yang ringkas. Pokok materi pun akan lebih mudah dikenang dan materi ekstra atau penjelas dapat diterangkan sendiri asalkan pelajaran pokoknya sudah dicerna dengan baik.
artikel bersangkutan*: guna lingkungan sekolah
3. Membantu Memahami Teks
Membuat ringkasan akan menolong memahamkan seseoang denganmateri yang sedang dipelajari. Bentuknya yang ringkas bakal mudah dikenang karena pelajaran yang tertulis menjadi lebih sedikit dikomparasikan dengan pelajaran yang sebelumnya.
4. Mengingatkan Kembali Pada Materi Dengan Cepat
Ringkasan dapat menolong menjadi pengingat teradap pelajaran yang terdapat pada sebuah teks atau naskah. Gagasan utama yang tertulis dan pelajaran yang ditulis secara ringkas, dan disertai dengan sejumlah gambar akan mempermudah untuk menilik materi. Untuk menilik materi melulu perlu membuka dan menyimak kembali ringkasan yang singkat, tidak butuh mengulang menyimak kembali teks atau naskah yang paling panjang.
5. Melatih Kreativitas
Membuat ringkasan bakal membantu mengajar kreativitas. Setiap menciptakan ringkasan bakal berfikir untuk menciptakan ringkasan yang gampang sehingga ringkasan yang diciptakan dan format ringkasan bakal semakin kratif supaya lebih gampang diingat.