5 Tips Merawat Bayi Yang Baru Lahir

Merawat bayi Anda tentu saja merupakan salah satu hal terpenting yang perlu Anda pertimbangkan begitu Anda menjadi orangtua baru. Ada banyak hal yang perlu Anda perhitungkan untuk memastikan bahwa bayi Anda mendapat semua perhatian.

1. Pastikan Anda memberi makan bayi Anda dengan benar. Memutuskan apakah Anda harus menyusui atau memberi susu botol pada bayi Anda sangat tergantung pada keputusan pribadi Anda dan apa yang disarankan oleh dokter Anda. Namun, telah terbukti bahwa menyusui masih merupakan cara terbaik untuk memberi makan bayi yang baru lahir. Banyak manfaat yang bisa didapat melalui menyusui. Beberapa penelitian medis telah menentukan bahwa bayi yang disusui memiliki hipersensitivitas lebih rendah di kemudian hari dibandingkan dengan mereka yang dibesarkan dengan pemberian susu botol. Ini terutama karena ASI diketahui mengandung enzim alami dan antibodi yang dapat membantu membentengi kekebalan bayi terhadap kelemahan. Selain itu, beberapa dokter juga percaya bahwa ASI bertanggung jawab atas kecerdasan superior saat ia tumbuh dan berkembang sepenuhnya.

2. Kiat bantuan tidur praktis untuk bayi. Tidur sangat penting untuk bayi karena memiliki efek langsung pada pertumbuhan mental dan fisik anak. Bayi yang baru lahir tidur hingga 17 dan 18 jam sehari. Orang tua harus memahami bahwa siklus tidur bayi bisa sangat tidak menentu. Anda mungkin memperhatikan selama beberapa minggu, tidur bayi Anda mungkin hanya berlangsung sekitar 30 menit hingga 3 jam, dan ini dapat bervariasi selama 24 periode. Tetapi pada minggu keenam, Anda harus melihat beberapa tanda perbaikan karena pola tidur bayi Anda menjadi lebih terstruktur. Bayi baru lahir menunjukkan tanda-tanda kantuk dengan menangis atau menggosok mata mereka. Bayi yang baru lahir harus ditidurkan segera setelah mereka merasa mengantuk. Jika Anda tidak banyak tidur di malam hari, mungkin ide yang baik untuk tidur ketika bayi Anda melakukannya di siang hari jika memungkinkan.

3. Cara yang tepat untuk memandikan bayi Anda yang baru lahir. Bayi yang baru lahir tidak perlu dimandikan setiap hari. Memandikan mereka dua hingga tiga kali seminggu sudah cukup. Mandikan bayi Anda dengan menggunakan spons. Ini sangat penting pada awalnya. Memandikan bayi hanya bisa dilakukan setelah tali pusar bayi terlepas untuk menghindari infeksi.

4. Menjaga perawatan kulit bayi Anda yang optimal. Bayi yang baru lahir memiliki kulit yang halus dan lembut. Untuk alasan ini, Anda perlu menggunakan produk yang khusus dibuat untuk bayi. Tetapi sebelum membeli produk bayi apa pun, yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter anak Anda. Sebagian besar bayi mengalami ruam dari waktu ke waktu dan ini normal. Namun, jika bayi Anda tampak kesal karena ruam atau demam, Anda harus segera mencari saran dari dokter bayi Anda.

5. Kapan memberi obat bayi. Seperti orang lain, bayi yang baru lahir terkadang memiliki kebutuhan khusus yang memerlukan perhatian. Ketika memberikan obat bayi Anda, penting bahwa Anda mengikuti saran dari dokter bayi Anda. Anda perlu tahu cara memberikan dosis yang tepat yang ditentukan oleh dokter. Kadang-kadang dapat disarankan untuk memulai bayi dengan dosis kecil untuk memastikan tidak ada reaksi negatif terhadap pengobatan.

Informasi yang terkandung dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi umum dan tidak dimaksudkan untuk mengganti saran yang diberikan oleh profesional kesehatan.