Pengertian dan Manfaat dari Smart City

 

smart city adalah sebuah konsep kota cerdas yang dapat menolong masyarakat mengelola sumber daya yang terdapat dengan effisien dan menyerahkan informasi yang tepat untuk masyarakat atau lembaga dalam mengerjakan kegiatannya atau juga mengantisipasi kejadian yang tek tersangka sebelumnya.

Smart city adalah sebuah khayalan dari nyaris semua Negara di dunia. Dengan Smart City, sekian banyak macam data dan informasi yang berada di masing-masing sudut kota dapat dikoleksi melalui sensor yang terpasang di masing-masing sudut kota, diteliti dengan software cerdas, selanjutnya disajikan cocok dengan keperluan pemakai melalui software yang bisa diakses oleh sekian banyak jenis gadget. Melalui gadgetnya,secara interaktif pemakai pun dapat menjadi sumber data, mereka mengirim informasi ke pusat data guna dikonsumsi oleh pemakai yang lain.

Konsep Smart City:
Sebuah kota berkinerja baik dengan berpandangan ke dalam ekonomi, penduduk, pemerintahan, mobilitas, lingkungan hidup
Sebuah kota yang mengontrol dan mengintegrasi semua infrastruktur tergolong jalan, jembatan, terowongan, rel, kereta bawah tanah, bandara, pelabuhan, komunikasi, air, listrik, dan pengelolaan gedung. Dengan begitu dapat mengoptomalkan sumber daya yang dimilikinya serta merencanakan pencegahannya. Kegiatan pemeliharaan dan keamanan diamanatkan kepada penduduknya.
Smart city dapat menghubungkan infrastuktur fisik, infrastruktur IT, infrastruktur social, dan bisnis infrastruktur untuk meningkatkan kepintaran kota.
Smart city menciptakan kota lebih tepat guna dan pantas huni
Penggunaan smart computing untuk menciptakan smart city dan fasilitasnya meliputi pendidikan, kesehatan, keselamatan umum, transportasi yang lebih cerdas, saling bersangkutan dan efisien.
Apa yang dimaksud dengan ‘Smart City’ dan bagaimana ia bakal bekerja :

1. Apa yang dimaksud dengan ‘Smart City’ ?

Sebuah kota yang dilengkapi dengan infrastruktur dasar untuk menyerahkan kualitas yang pantas hidup, lingkungan yang bersih dan berkelanjutan melewati penerapan sejumlah solusi cerdas.

2. Infrastruktur dasar

Air dan listrik pasokan terjamin, sanitasi dan pengelolaan limbah padat, mobilitas perkotaan yang tepat guna dan transportasi umum, konektivitas IT yang kuat, partisipasi e-goverment dan warga, keselamatan dan ketenteraman warga.

3. Solusi cerdas

Informasi publik, pengaduan ganti rugi, pelayanan elektronik, keterlibatan warga, limbah menjadi energi & bahan bakar, limbah kompos, penyembuhan 100% air limbah, meteran cerdas & manajemen, pengawasan kualitas air, sumber energi terbarukan, energi dan bangunan hijau , parkir cerdas, sistem manajemen kemudian lintas cerdas.

4. Apa tahapan selanjutnya?

Langkah berikutnya ialah identifikasi sejumlah kota dan guna ini persaingan tantangan kota yang bakal dilakukan. Rencana ketika ini terlihat guna memilih sejumlah kota tahun ini dibuntuti oleh lebih tidak sedikit lagi kota setiap dalam dua tahun ke depan.

5. Smart City di Indonesia sudah dibentuk

Di indonesia telah ada sejumlah kota yang sudah merealisasikan konsep smart city diantaranya:
DKI Jakarta
Bandung
Balikpapan
Makasar
Surabaya