Wilayah Utama Jakarta

Posted on

Sebagai ibukota Jakarta merupakan pusat perekonomian dan pemerintahan. Jakarta merupakan daerah spesifik yang berdiri sendiri. Jakarta punyai wilayah laut dan garis pantai tapi tetap didominasi bersama dengan dataran rendah.

Jakarta merupakan ibukota yang kompleks bersama dengan tingkat lowongan kerja yang cukup besar tapi ditengah pengangguran yang terhitung tidak sedikit. Namun demikian, Jakarta punyai banyak variasi daerah hiburan.

Jakarta memilki lebih dari 170 mal yang tersebar di lima wilayah Jakarta. Warga Jakarta punyai banyak pilihan di dalam menikmati akhir pekan layaknya wilayah perbelanjaan, daerah hiburan maupun daerah wisata keluarga.

Jakarta merupakan keliru satu kota terpadat di dunia. Hal selanjutnya disebabkan karena peluang yang melimpah bagi para pencari kerja dari beraneka daerah di seluruh daerah. Jakarta terhitung merupakan daerah pendidikan sehingga banyak pelajar dan mahasiswa yang melanjutkan belajar di Jakarta.

Kota Jakarta punyai beberapa kota penyangga layaknya Bekasi, Tangerang, Bogor, dan Depok. Kota-kota satelit inilah yang dijadikan daerah tinggal bagi para pekerja di Jakarta karena harga tanah di daerah penyangga relatif lebih enteng dibandingkan bersama dengan Jakarta. Saat ini kepadatan masyarakat di Jakarta diperkirakan terkonsentrasi di Jakarta Timur.

Sebagai ibu kota Indonesia, Jakarta memilki banyak variasi kuliner nusantara. Hampir seluruh kuliner dari beraneka daerah di Indonesia mampu ditemukan di Jakarta. Meskipun demikian, suku Betawi sebagai warga asli kota Jakarta terhitung memilki kuliner khas layaknya soto Betawi, ketoprak, dan kerak telor.

Tidak cuma kuliner tradisional yang terdapat di Jakarta. Beberapa kuliner Internasional terhitung mampu ditemukan di Jakarta. Kuliner di Jakarta terbilang terlampau lengkap menjadi dari penjual kuliner kaki lima, cafe, restoran sampai hotel bintang lima. Inilah yang menjadikan Jakarta layaknya mini Indonesia karena seluruh suku dari beraneka daerah mencari nafkah di Jakarta.

Wilayah Utama Jakarta

Jakarta Pusat

Jantung kota Jakarta ini terlampau lekat bersama dengan Monumen Nasional. Jakarta Pusat merupakan bagian paling strategis di Jakarta karena beberapa gedung pemerintahan terpusat di Jakarta Pusat. Lapangan Merdeka yang merupakan Monas berdiri dikelilingi beberapa gedung penting layaknya Istana Kepresidenan, Gedung Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Masjid Istiqlal, Gereja Katedral, Stasiun Kereta Api Gambir dan beberapa gedung pemerintahan lainnya.

Jakarta Pusat terhitung punyai Galeri Nasional, Planetarium Jakarta. Saat car free day, landmark kota Jakarta yang paling ramai adalah Bundaran HI (Hotel Indonesia). Beberapa Mal paling baik berada di Jakarta Pusat. Namun ada keliru satu jalan yang menarik dan senantiasa dikunjungi wisatawan asing adalah jalan Jaksa. Jalan Jaksa menjadi keliru satu alternatif backpaker atau traveler yang mencari hotel atau daerah bermalam bersama dengan harga yang tidak mahal dan terjangkau.

Lihat Juga : Travel Jakarta Kuningan

Jakarta Barat

Jakarta terhadap era selanjutnya tetap tercermin di wilayah Jakarta Barat keliru satunya adalah keberadaan kota tua. Disinilah berdiri beberapa bangunan yang tetap layaknya aslinya sehingga dinamakan sebagai Kota Tua karena tetap terdapat beberapa bangunan tua yang tetap dilestarikan baik wujud maupun beberapa bagian yang ada didalamnya. Beberapa telah berubah faedah jadi museum layaknya Museum Fatahillah dan Museum Wayang.

Kota tua bukan cuma sebagai pusat ekonomi tapi terhitung sebagai pusat seni dan kreatifitas. Kuliner khas Jakarta pun mampu didapatkan di Kota Tua. Jakarta Barat pun persis bersama dengan pusat perbelanjaan tidak mahal layaknya Glodok. Selain sebagai pusat perbelanjaan elektronik beberapa kuliner khas Tiongkok terhitung mampu didapatkan didaerah Glodok ini. Beberapa pusat perbelanjaan moderen pun berlokasi di Jakarta Barat layaknya Mal Taman Anggrek. Beberapa daerah peribadatan etnis Tiongkok pun banyak tersebar di Jakarta Barat baik itu Klenteng maupun Vihara.

Jakarta Selatan

Jakarta Selatan merupakan pusat pemukiman tingkat menengah keatas. Selain jadi daerah pemukiman penduduk, Jakarta Selatan terhitung jadi keliru satu pilihan pusat bisnis di Jakarta. Jakarta selatan terhitung lengkap bersama dengan daerah perbelanjaan kelas atas dan mal, restoran, hotel, pusat hiburan malam yang ramai dan terhitung pemukiman papan atas.

Salah satu daerah yang terlampau dikenal sebagai daerah elit adalah Kemang. Kemang sesungguhnya telah dikenal sebagai pusat perbelanjaan kelas atas, terhitung terdapat beberapa restoran elit, pub, night club dan butik. Kemang terlampau dikenal baik oleh warga lokal maupun para ekspatriat sebagai pusat mode dan kuliner.

Jakarta Timur

Jakarta Timur adalah wilayah terpadat terhadap kala ini yang tetap ditandai bersama dengan adanya persawahan di beberapa areanya. Dua daerah bersejarah di Jakarta Timur adalah Lubang Buaya dan Kompleks Makam Pangeran Jayakarta.

Jakarta Utara

Jakarta Utara adalah hanya satu bagian Jakarta yang punyai akses menuju laut, bersama dengan pelabuhan utama Tanjung Priok. Menariknya, beberapa daerah Kota Tua terdapat di Jakarta Utara sedang beberapa kembali di Jakarta Barat. Bangunan bersejarah di Jakarta Utara adalah Gereja Tugu, Museum Bahari dan Rumah Tinggi atau Rumah Si Pitung.

Kepulauan Seribu

Wilayah Kepulauan Seribu meliputi gugusan teluk Jakarta. Kepulauan Seribu punyai dua kecamatan dan enam kelurahan. Beberapa pulau di Kepulauan Seribu merupakan daerah wisata bahari yang paling dekat bersama dengan Jakarta. Kepulauan Seribu memilki daerah wisata papan atas layaknya Pulau Kotok, Pulau Bidadari tapi terhitung punyai daerah wisata yang terjangkau layaknya Pulau Tidung, Pulau Pari, dan Pulau Untung Jawa.

Beberapa pulau di Kepulauan Seribu terhitung punyai beberapa catatan histori yang menarik terhadap era selanjutnya layaknya keberadaan benteng Martello dan beberapa bangunan yang zaman dahulu dijadikan sebagai pusat konsentrasi pemondokan haji layaknya di pulau Onrust.

Pulau Seribu terhitung punyai beberapa fauna dan keliru satunya merupakan maskot DKI Jakarta, burung Elang Bondol. Selain memilki dua style penyu; penyu sisik dan penyu hijau, beberapa fauna layaknya biawak, burung pecuk ular, dan ular sanca terhitung tetap mampu ditemui di beberapa pulau di Kepulauan Seribu.

Kepulaun Seribu terhitung merupakan wilayah snorkeling dan scuba diving yang paling dekat bersama dengan Jakarta. Beberapa operator scuba diving kerap jalankan latihan menyelam di beberapa pulau di Kepulauan Seribu. Selain aksesnya dekat terhitung harganya relatif lebih tidak mahal dibandingkan bersama dengan beberapa daerah lainnya di Bali atau pusat pariwisata lainnya.

Sejarah Jakarta
Kota pelabuhan ini terhadap mulanya bernama Sunda Kelapa, tapi terhadap 22 Juni 1527 Pangeran Fatahillah menghancurkan Sunda Kelapa dan sebagai gantinya mendirikan kota Jayakarta di daerah tersebut. Tanggal inilah yang kemudian ditetapkan sebagai tanggal berdirinya kota Jakarta.

Kota Jayakarta berkembang sebagai kota pelabuhan yang sibuk, dimana para pedagang dari Cina, India, Arab dan Eropa dan juga dari Negara-negara lainnya saling bertukar barang-barang/komoditi.

Tahun 1619, Pemerintahan Belanda (VOC) di bawah kepemimpinan Jan PieterszoonCoen menghancurkan Jayakarta dan bersama dengan dan juga merta membangun kota baru yang terdapat di bagian barat sungai Ciliwung, yang dia namakan Batavia, nama yang disita dari Batavieren, nenek moyang bangsa Belanda

Batavia direncanakan dan dibangun hampir serupa bersama dengan kota-kota di Belanda, yakni dibangun di dalam wujud blok, masing-masih dipisahkan oleh kanal dan dilindungi oleh dinding sebagai benteng, dan parit. Batavia ini selesai dibangun terhadap 1650. Batavia tua adalah daerah tinggal bangsa Eropa, kala bangsa Cina, Jawa dan masyarakat asli lainnnya disingkirkan ke daerah lainnya.

Di masa-masa kejayaannya Batavia yang populer sebagai ‘Permata dari timur’, diduduki oleh VOC dan kemudain pada akhirnya diduduki pemerintah Belanda yang terbentang luas di kepulauan Hindia timur.